Minggu, 03 April 2011

Tanya Jawab Seputar Organisasi

Dalam sebuah organisasi, prosesnya tidak selalu mulus. Kadang hambatan biasa datang silih berganti. Nah, dibawah ini disediakan sebuah tanya yang diikuti sebuah jawaban yang membuat Anda terbantu dalam menjalankan organisasi. Semoga bermanfaat.

Masalah mengelola organisasi

1. Bagaimana cara mengelola organisasi dengan baik?

Namanya organisasi, banyak pikiran, banyak orang, dan banyak kepentingan jadi manajemen organisasinya lumayan sulit kalau kita hanya mementingkan kepentingan sendiri. Sehingga selaku ketua harus bisa memanajemen organisasi dengan baik, kemudian tekankan bahwa organisasi itu milik bersama sudah sewajarnya kita bangun, tapi cukup sulit karena ada urusan pribadi dan lain sebagainya namun dari hal itu kembali ditekankan kesadarannya tentang organisasi.

2. Apakah banyak pengurus dapat memajukan suatu organisasi?

Dalam organisasi pasti sedikit yang bekerja, meskipun yang tertulis banyak, pasti ada yang numpang nama, dan semakin banyak orangnya maka organisasi itu semakin tidak efektif, kalau sedikit juga tidak mampu. Sehingga selaku ketua harus bisa mengkoordinasi pengurus yang ada dan dimaksimalkan kerja semua.

3. Bagaimana langkah awal dalam mengelola suatu organisasi?

Yang paling utama , kepala bidang itu adalah orang yang kuat dalam arti kuatkan kabidnya yaitu bisa diajak bekerjasama. Kabidnya kuat pasti stafnya juga kuat sehingga dalam organisasi, ketua bisa langsung mengontrol kabid karna ketua sulit untuk mengontrol sampai kepada staf. Dalam organisasi juga memperhatikan kepribadian pengurus, ada yang pendiam, banyak omong tapi tidak kerja dan diam tidak kerja.

4. Usaha apa yang dilakukan untuk memperoleh biaya untuk suatu kegiatan?

Dalam mencari biaya bendahara berkoordinasi dengan usaha dana dengan sekretaris.

Mengadakan kerjasama dengan penerbit buku, dengan cara membangun link dengan orang dalam yang ada dalam instansi tersebut. Jika mengadakan kerjasama dengan jaringan operator maka kita harus menawarkan keuntungannya dulu kepada pihak tersebut.

Cara mengelola suatu kegiatan

1. Bagaimana caranya membuat suatu kegiatan semenarik mungkin?

Kalau masalah seminar, yang pertama kita mencari isu-isu terbaru sehingga kita bisa membuat tema yang semenarik mungkin atau yang lagi tren.

Misalnya tentang undang-undang guru dan dosen.

Melobi orang besar yang berhubungan dengan seminar kita yang ada didaerah tersebut, orang bisa datang karena terkenal orangnya. Kemudian pematerinya adalah orang yang terkenal atau yang berkompeten dalam bidang yang akan disampaikan.

2. Kegiatan yang bagaimana yang harus dikelola secara maksimal?

Sebenarnya semua kegiatan harus dikelola secara maksimal namun yang dititik beratkan yaitu ketika mengundang orang luar. Misalnya mengundang orang besar untuk menghadiri kegiatan tersebut sehingga semua agenda acara yang ada harus dipersiapkan secara maksimal baik pembukaan maupun penutupan.

Hambatan dalam kegiatan

1. Dana, dengan cara manfaatkan link. Sehingga usaha dana sudah bekerja empat bulan sebelum kegiatan. Jadi proposal dapat dicek setelah 1 minggu diserahkan.

2. Ego, ada tipe orang yang tipenya mau dia sendiri yang mengerjakannya sehingga pada saat dia bekerja banyak rekan-rekannya tidak tahu dan pasti ada yang akan berpikir negatif. Cara untuk mengatasinya pindahkan kepada orang yang pasif(kurang bekerja).

3. Adanya bawahan yang kurang koordinasi dengan ketua sehingga pada saat dia melakukan kegiatan tidak diketahui oleh ketua. Solusinya adalah kembali kita dekati orangnya, berkomunikasi dengan baik sehingga dengan adanya komunikasi tersebut pasti kerjaannya dapat dikerjakan bersama-sama.

1 komentar:

  1. Masukkan komentar Anda... kasus saya seperti ini kak
    saya ketua pelaksana suatu kegiatan dan sekertaris saya tidak mau membuat proposal
    maka sayalah yg membuat proposal menjalankan acara dab sebagainya dengan dana yg sesuai dengan proposal yaitu 1 juta
    tiap malam saya bolak-balik keorganisasi saya yg menjalankannya saya memakai kapal untuk pergi kesekolah di kepulauan seribu sendiri malam2 karna
    saya telah bertanggung jawab membuat proposal walaupun itu tabggung jawab sekertaris dan setelah kegiatan sisa uangnya 150.000 saya pikir saya butuh sisa uang itu saya pikir saya berhak mendapatkan uang capeknya dan saya pikir hal itu bisa di cakup dalam biaya yg tak terduga tapi saya masih ragu, tolong bantu saya!!!

    BalasHapus