Jumat, 04 Maret 2011

Senyum Itu Indah (The Power Of Senyuman)


Senyum adalah suatu perbuatan yang hampir setiap hari kita lakukan tanpa disadari. Menarik bibir kesamping kiri dan kanan membentuk garis yang melengkung suatu hal yang kita berikan pada orang lain. Tanpa disadari pula Senyuman dapat memberikan efek mujarab bagi kita dan orang lain. Dengan senyuman kita dapat membuat orang lain menjadi lebih dekat, lebih akrab, berbeda jika kita melempar muka masam, cemberut atau manyun, tentu orang yang melihatnya akan merasa tidak nyaman, malas, dan acuh tak acuh.

Senyum membuat kita lebih dikasihi, lebih diperhatikan, dan merupakan ungkapan kasih sayang. Senyum adalah Ibadah. Senyum adalah Kebahagiaan.

Setiap pekerjaan atau kita sedang melakukan pertandingan cobalah kita tersenyum, pasti akhirnya kita akan mendapatkan kemenangan sebaliknya bila diawali dengan cemberut siap-siap saja kita menerima kekalahan karena kita tidak ikhlas mengerjakannya.

Senyum dapat mengalahkan rasa putus asa dan sedih, rasa stress yang sering membelenggu kita jika ada masalah. Dalam keseharian kita dapat dijumpai Keajaiban dari senyuman itu, misalnya jika kita sedang jalan dikampus, kita berpapasan dengan mahasiswa lain yang kita belum kenal dan kita melempar senyuman alhasil senyuman kita pasti terbalaskan, dan tanpa disadari mahasiswa itu sekilas dapat tahu kepribadian kita yang ramah dan ingin menjadi teman kita. Tapi jika kita cemberut tak mungkin kita dapat balasan senyuman malahan dicuekkin.

Jika kita mendapat senyuman pasti hati ini akan merasa tenang dan bahagia, Khususnya bagi orang yang sedang mencari soulmate. Terbukti senyuman dapat mempertemukan dua insan yang sedang jatuh cinta.

Jika kita sedang sendirian dan kesepian coba tersenyumlah pasti akan terasa damai di hati tapi jika tidak mau disangka aneh gara-gara senyum sendiri, tersenyumlah didalam hati. Senyum bisa mengendalikan suasana hati kita khususnya bila kita mendapat cobaan atau musibah yang membuat kita sedih, dan putus asa, cobalah tersenyum rasa itu akan berkurang dengan sendirinya, tapi janganlah tersenyum yang dipaksakan. Toh tak ada ruginya kita tersenyum.

Senyum mempunyai banyak keajaiban yang fantastis, menurut penelitian senyum dapat membuat kita lebih attraktif, lebih sukses, cenderung berpikir positif, dan menjaga mood seseorang..

Beberapa faktor yang membuat sesorang sulit atau malas tersenyum diantaranya :

a) Orang tersebut sedang dilanda masalah pribadi, sehingga apapun dan siapapun yang ada dihadapannya akan menjadi sasaran permasalahan yang sedang ia hadapi, akibatnya ia menutup wajah rapat-rapat kemudian mengkerutkan kulit wajah dan terlihat bringas dihadapan orang. Pada saat seperti itu kita juga harus bisa memahami.

b) Orang tersebut sedang berusaha menjaga image pribadi dan berusaha menjadi sosok yang di segani dihadapan orang lain, sehingga berdampak ia menahan senyum kepada lawan bicaranya dan mencoba berbicara secara tekstual. Sepertinya sahabat kita yang seperti ini akan merasa kelelahan dalam menjalankan aktivitasnya, hehe.. karena terlihat tegang terus kalau kita berbicara dengan sosok sahabat yang seperti itu.

c) Orang yang tidak suka tersenyum ikhlas dihadapan orang karena orang tersebut belum tahu “The Power Of Senyum” dalam kehidupannya.

Berikut ini The Power Of Senyum dalam kehidupan sehari-hari:

1) Senyum membuat orang lain bahagia. Sahabat bertanya “Loh kok bisa?” hem…jelas bisa sahabat, kerena dengan senyum ikhlas yang kita berikan terhadap sesama akan membawa ketenangan tersendiri bagi orang yang memandangnya. Analisa kongkritnya seperti ini, seorang sahabat yang sedang terpuruk dan dilanda permasalahan sering sulit mencari pencerahan terhadap permasalahannya, maka ketika ada seseorang yang ia dapati tersenyum kepadanya, yang pertama kali dipikirkan adalah “orang yang tersenyum padanya merupakan orang yang bisa dijadikan tempat pencerahan permasalahan. Kerena orang yang selalu tersenyum memiliki brand image sebagai seorang yang selalu happy dalam menjalankan hidup, selain itu orang yang murah senyum terhadap saudaranya merupakan orang yang selalu berfikir positif terhadap sesama. Maka seseorang yang murah senyum sudah tentu akan banyak memiliki sahabat atau paling tidak networkingnya semakin luas, kalau sudah begitu rizkinya juga akan ikut luas bukan? Begitulah kekuatan senyum yang mampu membahagiakan orang lain, maka kita juga akan dibahagiakan oleh orang lain.

2) Senyum dapat mengurangi permasalahan hidup. Dengan tersenyum maka diri ini secara langsung terdidik menjadi pribadi yang mau menerima segala suratan baik dan buruk yang telah Tuhan gariskan untuk kita. Kalau sahabat sedang ada masalah, maka biasakanlah tersenyum terhadap masalah tersebut, karena pada hakikatnya dengan senyum maka kita menerima masalah yang sedang kita hadapi. Menerima masalah disini bukan berarti kita pasrah tanpa mencari jalan keluar, tapi dengan senyum kita berusaha untuk mendidik diri ini agar selalu tegar dalam menghadapi masalah. Yakinlah dengan senyuman maka masalah akan segera teratasi, tapi kalau kita mengeluh dan menggerutu apalagi sampai menularkan permasalahan kita pada lingkungan, yang ada bukan selesai dan menghilang masalah yang kita miliki. Tapi akan muncul embrio permasalahan-permasalahan lain. Agar hal itu tidak terjadi maka senyumlah…..

3) Senyum memperpanjang umur. Luar biasa, senyum bisa memperpanjang umur? Betul, dengan senyum kita akan selalu berusaha untuk memperpanjang usia apapun yang sedang kita jalani. Contoh kongkrit, ada salah seorang sahabat yang sedang menjalankan bisnis ayam bakar di salah satu kawasan perbelanjaan. Singkat cerita pada suatu hari ia di satroni oleh beberapa orang yang di kenal sebagai Jagoan daerah tersebut. Maksud kedatangan orang tersebut adalah untuk meminta jatah usaha ayam bakar karena usaha ayam bakar tersebut katanya berdiri di wilayah kekuasaannya…(hem…ada-ada saja). Singkat cerita ketika si jagoan wilayah menagih jatannya dengan nada keras dan marah, sahabat kita membalasnya dengan senyuman dan berkata ” Mas mau ayam bakar porsi yang mana, terserah mas bisa memilih, sambil menunjuk menu sahabat berkata ” yang ini, itu atau yang mana?”, apa yang terjadi? si jagoan yang pada saat itu memang benar dalam keadaan lapar dan marah tiba-tiba merasa ia di hormati dan di hargai dengan senyuman dan pelayanan sahabat seperti melayani pembeli. Luar biasa, alhasil si jagoan berkata ” saya mau menu yang ini ( sambil menunjuk menu ayam bakar sambal kecap). Pelajaran yang kita dapatkan adalah, senyum dapat memperpanjang usia sahabat penjual ayam bakar dan memperpanjang usia usaha ayam bakarnya. Bisa di bayangkan kalau sahabat yang satu ini menghadapi si jagoan wilayah dengan cacian dan makian serta di lawan dengan kekerasan, dapat diprediksikan usaha ayam bakarnya akan segera berakhir dan tidak menutup kemungkinan usianya juga akan segera berakhir karena harus bertarung dengan algojo-algojo pasar yang nyaris bermain dengan kekersan dan senjata tajam.

4) The Power of Senyum yang tidak kalah penting adalah seperti yang termaktub dalam hadist Rasulullah SAW yang berbunyi ” Tersenyum ketika bertemu dengan saudara kalian adalah termasuk ibadah” ( Riwayat At-Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Al-Baihaqi)

Sahabat begitulah kekuatan yang terdapat dalam Senyum ikhlas kita terhadap sesama, , maka amalkanlah ‘Senyum Ikhlas Terhadap Saudaramu”…terima kasih sahabat….

So.. Keep Smile Always..:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar